4 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Free untuk E-Learning

  • Whatsapp

Salah satu dampak dari semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19 adalah pembatasan pembelajaran dalam format tatap muka langsung. Sebagai gantinya, dipilihlah eLearning agar pembelajaran tetap bisa berlangsung tanpa meningkatkan risiko menyebarnya virus. Sebagai pendukung eLearning sendiri, ada banyak aplikasi video conference free yang bisa dimanfaatkan.

1. Skype

Skype merupakan aplikasi video conference yang sebelumnya juga sudah banyak digunakan di seluruh dunia. Anda bisa mengakses Skype via laptop, komputer, dan juga smartphone. Banyak fitur menarik yang bisa Anda temukan di Skype. Beberapa fitur tersebut seperti chat, audio chat, video chat, serta file sharing. Hampir setiap komputer sudah terinstal Skype di sistemnya.

2. Google Classroom

Selanjutnya, ada aplikasi Google Classroom yang juga sangat cocok dimanfaatkan untuk kebutuhan eLearning. Selain menyajikan fitur video conference, aplikasi ini juga memungkinkan guru untuk mengumpulkan tugas tanpa kertas. Pengguna juga bisa menggunakan fitur tanya jawab, pengalokasian waktu untuk mengerjakan tugas, serta mengintegrasikan Youtube untuk pembelajaran.

3. Google Hangouts Meet

Bisa mendukung hingga 100 orang peserta dalam konferensi video, itulah keunggulan dari Google Hangouts Meet. Jadi, jangan keburu cemas jika sekiranya jumlah siswa atau mahasiswa yang diampu lumayan banyak. Dengan menggunakan Google Hangouts Meet, Anda juga bisa mengirimkan dokumen atau melakukan presentasi via tautan yang dibagikan ke pengguna lain.

4. Zoom

Aplikasi video conference yang juga begitu direkomendasikan adalah Zoom. Setiap fitur yang ada di aplikasi ini tak hanya bisa diakses pengajar sebagai host saja, melainkan juga oleh setiap peserta. Beberapa fitur menarik dari aplikasi ini adalah screen sharing, absensi peserta, dan perekaman sesi video conference. Jadi, Anda bisa rekam pembelajaran, lalu ditonton lagi agar bisa lebih dimengerti.

Dibatasinya pembelajaran dalam bentuk tatap muka langsung akibat mewabahnya virus Covid-19, bukan alasan untuk tak memberikan ilmu. Dengan adanya beragam aplikasi video conference free, pembelajaran dalam format eLearning tetap bisa lancar diadakan. Jadi, walau harus libur sekolah selama 1 hingga 2 minggu lamanya, tak akan ada pelajaran yang ketinggalan. Sangat membantu, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *