6 Tips Aman Berbelanja di Supermarket Selama Pandemi Corona dari SehatQ.com

  • Whatsapp

6-tips-aman-berbelanja-di-supermarket-selama-pandemi-corona-dari-sehatq-comSelama pandemi corona, Anda disarankan untuk tetap tinggal di rumah demi menekan risiko penyebaran corona yang lebih besar. Walaupun begitu, Anda masih diperbolehkan keluar rumah untuk hal-hal penting seperti berbelanja di supermarket. Untuk berbelanja, Anda tidak bisa melakukannya seperti di hari-hari biasa. Anda perlu tahu tips aman berbelanja di supermarket saat pandemi corona dari SehatQ.com.

Aman berbelanja saat pandemi

Apa saja tips aman berbelanja saat pandemi corona? Berikut ulasannya.

Read More

1. Tuliskan barang-barang yang akan dibeli

Sebelum berbelanja, Anda sebaiknya menyiapkan catatan yang berisi daftar barang yang akan dibeli. Selain membuat pengeluaran lebih terencana, waktu belanja juga lebih singkat. Anda hanya perlu mematuhi daftar yang sudah Anda buat. Dengan demikian, Anda tidak perlu berlama-lama berada di supermarket. Semakin cepat Anda berbelanja, tentu akan semakin baik.

2. Hindari belanja di jam sibuk

Agar tidak bertemu dengan terlalu banyak orang, Anda tidak disarankan untuk berbelanja pada jam-jam sibuk, seperti pada sore hari di akhir pekan. Pada hari dan jam tersebut, biasanya orang yang berbelanja lebih banyak dibanding hari biasanya. Jika terlalu banyak orang di supermarket, tentu Anda tidak bisa berbelanja dengan nyaman.

3. Bawa hand sanitizer dan cairan desinfektan

Jangan lupa bawa hand sanitizer saat berbelanja ke supermarket. Pakailah hand sanitizer dengan kandungan minimal 70% alkohol di dalamnya. Anda juga sebaiknya membawa cairan disinfektan dalam botol kecil untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh banyak orang, seperti troli.

4. Patuhi aturan yang ada

Tips aman berbelanja di supermarket pada masa pandemi dari SehatQ.com yang berikutnya adalah dengan mematuhi anjuran yang ada. Anda harus memakai masker, menerapkan physical distancing atau jaga jarak, dan juga cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Anda boleh menggunakan sarung tangan plastik, tapi Anda tidak diperkenankan memakai handscoon apalagi baju hazmat.

5. Cashless

Anda juga disarankan untuk mengurangi transaksi tunai. Uang bisa menjadi perantara penyebaran virus. Sebagai gantinya, gunakanlah transaksi non tunai atau cashless. Anda bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau pembayaran elektronik lainnya.

6. Bersihkan diri dan barang belanjaan ketika sampai di rumah

Setelah sampai di rumah, jangan lupa untuk membersihkan diri dan barang belanjaan Anda. Sebelum masuk rumah, lepaskan sepatu Anda. Semprotkan cairan desinfektan ke barang-barang yang Anda bawa. Barang-barang belanjaan Anda juga sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu agar terbebas dari virus dan bakteri.

Begitu juga dengan Anda. Sesampainya di rumah, jangan sentuh apapun sebelum Anda membersihkan diri. Lepas semua pakaian Anda dan rendam. Buang struk atau tanda terima lainnya yang tidak diperlukan. Kemudian mandi sampai bersih. Selesai mandi, Anda baru boleh beristirahat dan menyapa keluarga Anda.

Nah, itulah 6 tips aman berbelanja di masa pandemi dari SehatQ.com. Agar terhindar dari risiko terinfeksi virus corona, Anda bisa menerapkan keenam tips tersebut agar tetap aman dan sehat. Jika memungkinkan, Anda sebaiknya belanja kebutuhan rumah secara online.

Begitu juga dengan konsultasi atau bertemu dengan dokter, Anda juga sebaiknya melakukannya secara online. Rumah sakit menjadi salah satu tempat berbahaya untuk dikunjungi di masa pandemi ini. Untuk itu, Anda sebaiknya tidak mengunjunginya.

Jika Anda butuh berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa melakukannya secara virtual melalui aplikasi SehatQ.com. Ada banyak dokter ahli di aplikasi ini yang siap melayani dan menjawab pertanyaan Anda. Selain memiliki fitur konsultasi dengan dokter, SehatQ.com juga memiliki fitur-fitur lainnya, seperti membuat janji temu dengan dokter, informasi mengenai obat dan penyakit, serta artikel bermanfaat di dunia kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *