Mengenal Lebih Jauh Masker Kain Oxford, Masker Tebal Yang Cocok Untuk Hijab

  • Whatsapp
indozone.id

Polusi udara, debu, hingga virus Corona menjadi alasan betapa pentingnya pemakaian masker wajah saat berada di luar ruangan. Ditambah lagi dengan anjuran pemerintah untuk pakai masker bahan kain sebagai pemutus rantai penyebaran covid 19, tidak ayal masker kain pun banyak dicari. Salah satu jenis masker bahan kain yang naik daun adalah masker hijab Oxford. Seperti apa kualitas produk masker ini? cek ulasan singkat berikut ini.

Bahan Kain Oxford Berupa Katun Campuran

Kain Oxford adalah bahan yang dibuat dengan bahan utama berupa serat katun yang kemudian dicampur dengan Teteron. Dalam pembuatannya, kain ini disebut sebagai bagian jenis kain drill. Namun jika dibandingkan dengan bahan drill lainnya, kain oxford ini dirasa sebagai yang paling tipis. Hal ini dikarenakan jenis benang yang dikenakan berukuran lebih kecil. Meski demikian kain ini masih mampu penuhi syarat dan ketentuan sebagai bahan masker.

Read More

Karakteristik Dan Ciri – Ciri Kain Oxford

Jika diperhatikan, hal pertama yang muncul sebagai ciri Oxford adalah kain terasa tebal. Jika dibanding dengan katun, bahan campuran ini terasa lebih kaku dan rapat. Oxford ini juga punya permukaan yang halus dan lembut, sehingga masker kain ini terasa lebih nyaman saat dikenakan. Bahkan, komponen katun berikan kerapatan serat motif diagonal yang buat kain lebih baik dan kuat. Harga per meternya pun cukup murah dan cocok jika dipakai untuk konveksi.

Model Masker Oxford Di Pasaran

Jika diperhatikan dengan baik, masker Oxford banyak hadir dalam bentuk masker hijab. Masker hijab sendiri dirancang dengan tali panjang sebagai ikat masker, sehingga beri kemudahan pengguna untuk menali ke belakang kepala. Desain pola yang tersedia juga lebih generik, dengan warna dasar polos tanpa pola. Sedangkan untuk model bentuknya, masker Oxford tampak seperti masker bedah dengan tiga lipatan pada bagian depan.

Daya Filtrasi Atau Kualitas Kain

Bagaimana dengan daya filtrasi kain? Sayangnya masih belum ada penelitian lanjut tentang efektivitas kain oxford untuk halau virus Corona. Jika mempertimbangkan bahan utama yang berupa kain katun campuran, maka bahan ini diperkirakan punya daya saring sekitar 70%. Jika ikuti cara uji sederhana masker kain (diterawang, direnggangkan, ditiup, dan dicuci) bahan ini cukup tebal, tidak terawang, tidak tembus, dan tidak berubah bentuk setelah dicuci.

Demikian ulasan singkat mengenai masker berbahan kain oxford yang marak dicari di masa pandemik ini. Sebagai jenis kain yang tebal, kuat dan rapat, masker ini dirasa cukup penuhi standar pembuatan masker. Hal ini terbukti dengan hasil uji sederhana yang baik. Di pasaran sendiri masker ini tersedia dalam model masker hijab dengan bentuk seperti masker bedah. Jika Anda ingin beli atau buat masker sendiri, bahan oxford ini bisa Anda jadikan pilihan terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *