Yuk Cari Tahu Langkah Sederhana Untuk Mencegah Gangguan Ginjal

  • Whatsapp
Foto : Canva.com Pro

Sebagai salah satu organ yang berperan penting dalam penyaringan zat sisa metabolisme tubuh, tentunya ginjal perlu dijaga kesehatannya. Namun, jika bagian organ tersebut sudah mengalami gangguan, pastinya fungsi kerja tidak bisa dilakukan secara optimal.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan gejala sakit ginjal. Yuk, intip langkah sederhana untuk mencegah gangguan ginjal berikut ini.

Read More

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Langkah utama yang bisa anda lakukan agar penyakit tersebut tidak menyerang tubuh anda adalah dengan selalu menjaga kesehatan ginjal. Dimana, hal yang bisa diperbuat adalah dengan membiasakan diri untuk selalu konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Agar tetap sehat, setidaknya anda harus meminum sekitar dua liter air atau 8 hingga 10 gelas per hari. Selain itu, agar ginjal tetap terjaga, usahakan untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda.

Tak hanya bersoda saja, minuman yang mengandung alkohol juga sepatutnya untuk dihindari. Disamping itu, jika anda memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya untuk menghentikan hal tersebut. Karena, tak hanya merusak paru-paru saja, merokok juga bisa berpotensi mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh lainnya, termasuk ginjal.

Untuk mencegah gangguan ginjal, anda juga perlu memiliki kebiasaan istirahat yang cukup. Disarankan agar mempunyai waktu tidur sekitar 6 hingga 8 jam per hari agar kondisi tubuh dan organ tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, untuk menjaga kesehatan ginjal, anda juga harus memastikan berat badan agar tetap ideal. Karena, orang yang memiliki berat badan berlebih umumnya banyak memiliki gangguan pada kesehatannya.

Oleh karena itu, untuk mengidealkannya, anda perlu melakukan olahraga serta aktivitas fisik lainnya dengan rutin. Disamping itu, agar kondisi ginjal tetap terjaga dengan baik, maka ada baiknya bagi anda untuk menghindari konsumsi obat-obatan di luar anjuran dokter. Apalagi jika beragam obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan dosis yang terlalu besar.

2. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Langkah sederhana lainnya yang bisa membantu untuk mencegah gangguan ginjal adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Hal tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan, jika anda memiliki penyakit tertentu, misalnya saja diabetes ataupun hipertensi. Karena kedua jenis penyakit tersebut bisa berpotensi untuk mengakibatkan timbulnya komplikasi, salah satunya penyakit ginjal

Dengan melakukan pemeriksaan rutin tersebut, akan berguna dalam memantau perkembangan kedua penyakit berbahaya ini. Sehingga, dengan begitu resiko komplikasi penyakit ginjal akan sedikit menurun. Disamping untuk memantau hipertensi dan diabetes, adanya pemeriksaan tersebut juga bertujuan untuk meringankan potensi gangguan ginjal, yang mungkin terjadi pada anda yang memiliki riwayat keluarga menderita penyakit tersebut.

3. Membatasi Makanan Tertentu

Ketika seseorang telah mengalami penurunan fungsi kerja ginjal, maka ada baiknya untuk membatasi makanan tertentu. Dimana, hal tersebut bertujuan untuk mencegah gangguan ginjal agar tidak semakin bertambah buruk. Beberapa jenis makanan yang harus dibatasi, seperti makanan kalengan, ikan asin, nasi merah, roti gandum, serta daging olahan.

Selain itu, beberapa jenis buah-buahan juga perlu dihindari, misalnya saja alpukat dan pisang. Tak hanya itu, semua makanan atau minuman yang terbuat dari produk susu beserta olahannya seperti keju dan yoghurt, juga patut untuk dibatasi dalam konsumsinya. Apabila beberapa jenis makanan tersebut tetap dikonsumsi, padahal fungus ginjal telah menurun, maka lambat laun akan semakin membuat kerusakan ginjal bertambah parah.

Disamping itu, bagi anda yang telah mengidap hipertensi dan diabetes, serta memiliki riwayat keluarga penderita gangguan ginjal, ada baiknya untuk mengenali gejala penyakit ini. Anda perlu waspada jika mengalami rasa nyeri pada bagian punggung bawah, memiliki produksi urin yang sedikit, dan terjadi pembengkakan pada anggota gerak tubuh. dengan mengenali gejalanya, maka hal tersebut akan membantu menanganinya sedini mungkin.

Agar anda terbebas dari gangguan ginjal, maka penting untuk melakukan beberapa langkah sederhana tersebut, dengan begitu potensi terserang penyakit ini akan sedikit berkurang. Namun, bagi anda yang memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, atau riwayat penyakit ginjal dalam keluarga, ada baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat. karena, golongan orang tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi untuk mengalami gangguan ginjal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *